banner

banner

Sabtu, 24 Agustus 2013

kantin staff


Merancang ruangan kantin karyawan untuk sebuah perusahaan besar perlu memperhatikan beberapa aspek. Kebetulan kami pernah mendapatkan proyek serupa. Walaupun terkesan remeh, tetapi kantin karyawan memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena fungsi dan penggunaannya.

Beberapa fungsi kantin karyawan dalam sebuah perusahaan :
1. Sebagai ruangan melepas penat bagi para karyawan setelah berjam-jam bekerja dalam ruang kantor. Sebaiknya ruang kantin dibuat santai dan menyenangkan. Dalam kasus proyek kami, kami menambahkan papan-papan tulis untuk menuangkan ekspresi sekaligus sebagai hiburan bagi karyawan. Sebisa mungkin juga ruang kantis mendapat akses udara bebas atau taman, sehingga dapat membantu karyawan menjadi rileks.

2. Sebagai ruang makan bersama seluruh karyawan perusahaan. 
Dengan fungsi ini berarti ruang kantin sangat rentan menjadi kotor. Sebaiknya material finishing untuk kantin karyawan dipilih yang mudah dibersihkan dan tidak menyimpan kotoran, sehingga ruang kantin dapat terus terjaga kebersihannya. Lalu, karena fungsinya untuk dipakai bersama-sama, berarti material yang digunakan juga harus memiliki durabilitas yang tinggi, sehingga biaya perawatan dan renovasi tidak tinggi.

3. Sebagai ruang meeting kecil informal
Terkadang untuk membicarakan hal-hal tertentu dalam atau antar divisi yang melibatkan kelompok kecil karyawan dilakukan di kantin. Untuk itu sebaiknya furnitur meja dan kursi dipilih yang mudah digeser, sehingga lebih fleksibel. Perhatikan juga penerangan ruangan apakah sudah cukup terang untuk meeting. 

Karena fungsinya yang cukup berkaitan dengan performa karyawan, ruang kantin karyawan sekiranya layak untuk diperhatikan perancangannya. Sayangnya belum banyak perusahaan yang menyediakan kantin karyawan walaupun kecil di area kantornya. Kantin karyawan memang bukan ruangan pokok yang harus ada dalam sebuah kantor perusahaan, apalagi bila perusahaan tersebut masih baru dirintis. namun dengan adanya kantin karyawan, diharap dapat mendongkrak performa kerja karyawan dan menambah keuntungan perusahaan.

Merancang ruang kantin karyawan dapat dimulai dengan memanfaatkan ruang sisa yang ada di area kantor dan menggunakan material yang murah, sehingga tidak terlalu membebani perusahaan. Untuk dapat mengolah ruang-ruang yang tidak biasa seperti ruang sisa tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan desainer interior agar ruangan tersebut dapat dimanfaatkan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar